Sejarah

Oleh Administrator 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

 

Asal-usul Nama Desa Citamiang

Pada jaman perang kemerdekaaen tepatnya pada Agresi Militer ke 2 tahun 1948, Belanda kembali ingin menguasai Bumi Pertiwi. Markas-markas yang mereka tinggalakan kembali diduduki tanpa kecuali markas yang ada di daerah Nyalindung dan markas yang berada di Miramontana. Dari Markas-markas itulah Belanda mengadakan operasi dan penggeledahan keperkampungan yang dijadikan markas atau tempat peristirahatan Pasukan TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Salah satu perkampungan yang dijadikan tempat peristirahatan adalah kampung Ancol, dimana para Tentara Nasional sering berkumpul disebuah rumah Penduduk yang bernama Bapak Ugi, pada suatu malam berangkatlah bapak Ugi dengan satu Kompi Tentara Nasional mengungsi kegunung Cibadak yang terletak disebelah selatan kampong Ancol.

Mukhtar Beke salah seorang anggota TNI beserta dua orang prajurit tetap tinggal dirumah Bapak Ugi, tanpa sepengetahuan mereka Belanda mengadakan penggeledahan ke kampung Ancol. Dikala Pajar menyingsing, dengan serangan Pajarnya satu Kompi Belanda menggeledah rumah tersebut.

Pak Muhtar Beke dan dua orang Prajurit lari untuk menyelamatkan diri karena kekuatan yang tidak seimbang. Namun taqdir berbicara lain ketika Pak Mukhtar Beke Tiarap disebuah Parit Citamiang dipinggiran Kampung tersebut dari belakang Belanda menembaknya, darahpun mengalir disepanjang parit tersebut seakan berbicara: "Teruskanlah Perjuangan dengan semangat yang membara demi Cita-cita Bangsa"

Untuk mengenag peristiwa tersebut diangkatlah nama parit Citamiang dijadikan Nama Desa yaitu Desa Citamiang.

Terbentuknya Desa Citamiang

Catatan sejarah Desa Citamiang Pamekaran dari Desa Cisitu Kec Nyalindung pada tahun 1980, yang pada waktu itu menjadi 3 Desa yaitu Desa Cisitu, Desa Margaluyu dan Desa Citamiang  yang dipercayakan kepada PolDes Desa Cisitu untuk menjabat di Desa Citamiang yaitu Kanta Sunarya yang kemudian menjadi Kepala Desa Depinitif selama 3 Priode sampai tahun 2009, Tahun 2010 Memasuki Pemilihan Kepala Desa yang ke-4  merupakan pergantian Kepala Desa Citamiang yang pertama yang dijabat oleh Bapak Eman Suryaman namun tidak sampai satu priode Bapak Eman Suryaman dalam kepeminpinannya memundurkan diri. Kemudian di alih kepeminpinan oleh Penjabat Sementara dari Kecamatan Purabaya yakni Bapak Sana selama satu tahun. Pada tanggal 08 Mei 2016 diadakan Pemilihan Kepala Desa Seretak Kabupaten Sukabumi secara Depinif dimenakan oleh Imas Masinta hingga sampai saat ini.