Untuk sementara waktu Sistem Informasi Desa Citamiang yang semula pada domain citamiang.desa.id dialihkan ke citamiang.id

Artikel

KTP elektronik berlaku seumur hidup

04 Mei 2021 21:45:16  Administrator  26 Kali Dibaca  Berita Desa

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri menekan kepada aparatur pemerintah dan masyarakat luas, bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, masa berlakunya seumur hidup.

“KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dalam pesan yang diterima Rappler, Jumat, 29 Januari 2016.

Dasar hukumnya adalah Pasal 64 ayat (7) huruf a UU No 24 Tahun 2013 mengamanatkan bahwa KTP-el untuk warga negara indonesia masa berlakunya seumur hidup.
Selanjutnya dalam pasal 101 huruf c UU No 24 Tahun 2013, diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU No 24 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup.

Tjahjo meminta masyarakat untuk tidak terpaku pada masa berlaku yang tertera dalam KTP. Tjahjo juga menyebut perpanjangan e-KTP tidak perlu dilakukan meski sudah mati masa berlakunya.
“Karena E-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya," kata Tjahjo.

Kementerian Dalam Negeri meminta kiranya sejumlah kementerian dan dan pimpinan lembaga non kementerian dan juga kepala daerah di semua tingkatan menindaklanjuti masalah ini.

“Mohon agar menugaskan unit pelayanan yang ada di bawah koordinasi Kementerian maupun Lembaga dan Bp/Ibu/Sdr sekalian berkenan menyebarluaskannya kepada masyarakat luas,” katanya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Cigawir KM. 34
Desa : Citamiang
Kecamatan : Purabaya
Kabupaten : Sukabumi
Kodepos : 43187
Telepon : 085710442005
Email : mail@citamiang.desa.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:96
    Kemarin:109
    Total Pengunjung:10.587
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.229.142.91
    Browser:Tidak ditemukan